Tata urutan pelayanan yang diberikan oleh petugas
penerima tamu, pada umumnya sama di setiap hotel. Pelayanan dimulai sejak
pertama kali tamu datang ke hotel sampai dengan meninggalkan hotel. Menyambut
dan mendaftar tamu adalah merupakan kegiatan kantor depan yang penting karena
merupakan pengalaman dan kesan pertama bagi tamu. Keberhasilan menerima tamu
tiba akan membawa dampak yang positif
dan memberikan citra yang baik bagi hotel dalam memperkenalkan dan menjual
produk dan fasilitas hotel.
Petugas penerima tamu ( receptionist ) adalah adalah
orang yang penting baik bagi hotel maupun bagi tamu. Bagi tamu petugas penerima
tamu adalah orang yang paling sering dihubungi selama mereka menginap. Bagi
hotel petugas penerima tamu adalah orang yang menciptakan dan mempertahankan
citra yang baik dan membuat tamu ingin kembali ke hotel
Keberhasilan seorang petugas penerima tamu dalam
menyambut dan mendaftar tamu tergantung dari persiapan diri berupa penampilan
dan kebersihan diri, sedangkan persiapan kerja berupa ruangan yang bersih,
rapi serta peralatan dan perlengkapan
lengkap dan baik, menguasai produk dan fasilitas hotel serta bagaimana cara
berkomunikasi dengan tamu, rekan kerja dan atasan.
Proses penerimaan tamu tiba merupakan bagian di depan
dalam proses urutan pelayanan tamu. Untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya
kepada tamu, maka pada saat tamu tiba informasi mengenai tamu harus didata
terlebih dahulu. Untuk mendata tamu yang tinggal di hotel maka harus dilengkapi
dengan pengisian format-format. Adapaun format yang digunakan untuk menerima
tamu tiba adalah sebagai berikut :
1.
Jenis-Jenis Format
Pada dasarnya penggunaan peralatan dan jenis formulir di
hotel berbeda-beda tergantung dari sistem operasional yang digunakan, kebutuhan
dan kebijakan hotel tersebut. Semakin besar hotel tersebut maka semakin canggih
sistem operasionalnya dan semakin canggih pula peralatan yang digunakan di
hotel tersebut. Sedangkan di hotel menengah dan kecil biasanya sistem
operasionalnya semi otomatis, tidak digunakannya komputer, tetapi menggunakan
alat bantu sederhana berupa rak.
Adapun format – format yang digunakan dalam menyambut dan
mendaftar tamu, antara lain :
- Registration Card
- Guest Card
- Room rack slip
- guest bill
- arrival and departure book
- breakfast coupon
- wellcome drink
- cash / official receipt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar